Selasa, 15 November 2016

11 Masalah Ibu Hamil di Trimester Pertama dan Cara Mengatasinya

Selama hamil pasti banyak sekali rasa tidak nyaman yang dirasakan oleh bunda-bunda di rumah, nah untuk membantu bunda mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, saya disini akan berbagi sedikit cara yang insya Allah dapat membantu.

Karena tiap-tiap trimester pada kehamilan ketidaknyamanan nya berbeda, maka untuk kali ini saya
akan khusus membahas tentang trimester 1 saja, langsung saja.

ibu hamil

Mual dan muntah

Hal ini dikarenakan meningkatnya HCG dan estrogen dan juga berubahnya metabolisme karbohidrat. Cara menanganinya dengan makan sedikit tapi sering, hindari makanan berbau, makanan berminyak, ganti dengan roti, biskuit, dll, saat bangun tidur juga harus perlahan dan tidak terburu-buru.

Perubahan warna pada areola (warna gelap di sekitar puting susu) 

Hal ini dikarenakan oleh kecendrungan genetis dan juga kemungkinan karena meningkatnya hormon estrogen dan progesteron pada ibu. Cara menanganinya adalah dengan menghindari sinar matahari berlebihan selama hamil dan juga menggunakan bahan pelindung non-alergis.

Diare

Hal ini kemungkinan berasal dari hormon dan makanan, bisa juga karena bunda terinfeksi oleh virus. Cara menangani nya dengan tidak mengkonsumsi makanan tinggi serat secara berlebihan seperti buah pisang, pepaya, dan lain-lain. Bunda juga harus memeriksakan ke fasilitas kesehatan terdekat agar diberikan cairan pengganti yang telah hilang selama diare.

Sering kencing

Hal ini dikarenakan tertekan nya kandung kemih oleh rahim yang memebesar, air dan sodium tertahan pada tungkai bawah pada siang hari, dan pada malam hari terjadi aliran kembali vena yang meningkat, jadi kencing yang keluar lebih banyak. Cara menanganinya dengan segera buang air jika terasa ingin, perbanyak minum pada siang hari, saat berbaring lebih baik memilih posisi miring kiri.

Gatal-gatal

Hal ini dikarenakan hipersensitivitas terhadap antigen plasenta. Cara menanganinya dengan gunakan kompres air dingin pada daerah yang gatal.

Gusi berdarah

Hal ini dikarenakan hormon estrogen meningkatkan aliran darah ke rongga mulut dan menambah laju pergantian sel-sel pelapis epithelial gusi. Cara menanganinya dengan sering sikat gigi dengan sikat gigi yang lembut, kumur air garam hangat, dan rajin memeriksakannya.

Ngidam

Nah ini biasanya tergantung dari setiap individu ingin makanan apa yanng bisa mengurangi rasa mualnya. Cara menanganinya dengan memakan makanan apa yang diinginkan namun harus tetap seimbang dan bergizi.

Cepat capek

Hal ini dikarenakan gerak usus yang berkurang, dan pengosongan saluran pembuangan yang lambat. Rahim yang terus membesar juga menekan usus besar. Cara menanganinya dengan rutin melakukan olahraga ringan, dan tidak makan makanan yang menghasilkan gas secara berlebihan seperti mie instan, makanan cepat saji, susu, yogurt, kentang, dan jagung.

Keputihan

hal ini dikarenakan hormon estrogen yang meningkat sehingga produksi lendir kelenjar endoserviks ikut meningkat. Cara menanganinya dengan menggunakan celana dalam dari bahan katun karena memiliki daya serap keringat tinggi dan hindari yang berbahan nilon.

Ludah berlebihan

Hal ini dikarenakan pathogenesis yang masih belum diketahui. Namun biasanya dapat ditangani dengan mengunyah permen karet, menghisap jeruk lemon, dan berkumur air dingin.

Nyeri punggung

Hal ini dikarenakan mulai berubahnya postur tubuh ibu karena hamil. Nyeri punggung biasanya hilang seiring bertambahnya usia kehamilan namun bisa juga diatasi dengan beristirahat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar