Rabu, 16 November 2016

14 Masalah yang Sering Dialami Ibu Hamil dan Cara Mengatasinya

Halo bunda, di postingan sebelumnya saya sudah membahas perubahan-perubahan bunda dan janin saat trimester 1 (0-3 bulan), kali ini saya akan membahas perubahan bunda dan janin pada trimester ke-2 (4-6 bulan).

ibu hamil

Perubahan warna di sekitar puting

Hal ini dikarenakan estrogen yang meningkat. Bisa di tangani dengan menghindari berada di bawah sinar matahari berlebihan, dan menggunakan pakaian yang lebih tebal.

Diare

Hal ini dikarenakan meningkat hormon estrogen dan progesteron, bisa juga karena terjadi infeksi pada usus. Bisa ditangani dengan makan sedikit tapi sering, menghindari makan sayur dan buah yang memiliki serat terlalu tinggi, segera juga pergi ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan pengobatan dan pengganti cairan yang hilang.

Bengkak pada kaki

Hal ini dikarenakan tidak lancar nya sirkulasi darah dari kaki ke bagian atas. Bisa ditangani dengan berbaring dengan posisi miring kiri, jangan berdiri terlalu lama, angkat kaki ketika duduk atau istirahat, hindari menggunakan kaos kaki terlalu ketat.

Gatal-gatal

Hal ini dikarenakan hipersensitivitas terhadap antigen plasenta. Bisa diatasi dengan gunakan kompres air dingin pada daerah yang gatal.

Gusi berdarah

Hal ini dikarenakan hormon estrogen meningkatkan aliran darah ke rongga mulut dan menambah laju pergantian sel-sel pelapis epithelial gusi. Bisa diatasi dengan sering sikat gigi dengan sikat gigi yang lembut, kumur air garam hangat, dan rajin memeriksakannya.

Haemoroid (wasir)

Hal ini dikarenakan susah buang air besar. Meningkatnya tekanan uterus pada vena dekat haeomorid. Bisa ditangani dengan makan makanan tinggi serat, makan bongkahan es es kecil, serta kompres dengan air hangat di sekitar anus.

Ngidam

Nah ini biasanya tergantung dari setiap individu ingin makanan apa yang bisa mengurangi rasa mual. Bisa diatasi dengan memakan makanan apa yang diinginkan namun harus tetap seimbang dan bergizi.

Keputihan

hal ini dikarenakan hormon estrogen yang meningkat sehingga produksi lendir kelenjar endoserviks ikut meningkat. Bisa diatasi dengan menggunakan celana dalam dari bahan katun karena memiliki daya serap keringat tinggi dan hindari yang berbahan nilon.

Keringat bertambah

Hal ini dikarenakan kegiatan kelenjar aprocine meningkat akibat perubahan hormon. Bisa ditangani dengan menggunakan pakaian yang longgar, banyak minum dan mandi secara teratur.

Sembelit (susah buang air besar)

Hal ini dikarenakan meningkatnya penyerapan air dari colon, uterus menekan usus, dan kadar progesteron meningkat sehingga peristaltik usus melemah. Hal ini dapat di tangani dengan jangan tunda buang air besar, buang air secara teratur, makan buah dan sayur.

Panas dalam perut

Hal ini dikarenakan pergeseran lambung oleh uterus, serta relaksasi sphincter bagian bawah. Bisa ditangani dengan hindari makan makanan berlemak, coklat, kopi terlalu sering, hindari minum saat makan dan kunyah permen karet.

Perut kembung

Hal ini dikarenakan kemampuan gerak usus berkurang dan penelanan udara. Bisa ditangani dengan mengunyah makanan dengan sempurna yaitu 32 kali, BAB rutin setiap hari, hindari makanan yang mengandung gas seperti mie instan, makanan cepat saji, susu, yogurt, kentang, jagung, dll.

Ludah berlebihan

Hal ini dikarenakan pathogenesis yang masih belum diketahui. Namun biasanya dapat ditangani dengan mengunyah permen karet, menghisap jeruk lemon, dan berkumur air dingin.

Pusing atau sering pingsan

Hal ini dikarenakan genangan darah pada pembuluh tungkai, yang mengurangi aliran balik vena dan mengurangi output kardiac serta tekanan darah dengan tegangan orthotatis yang meningkat. Cara menanganinya, bangun perlahan dari tidur, dan tidak berdiri terlalu lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar