Sabtu, 26 November 2016

8 Faktor Yang Mempengaruhi Gizi Ibu Hamil

Gizi seimbang ibu hamil adalah makanan sehat yang seimbang yang harus dikonsumsi ibu selama hamil. Pada saat hamil terjadi perubahan fisik dan mental seorang ibu secara alami. Oleh karena itu penting bagi ibu hamil untuk mempunyai gizi yang cukup selama hamil.

Sebelum menentukan seberapa besar gizi yang kita butuhkan, kita harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi gizi tersebut seperti umur, berat badan, kondisi kesehatan, suhu lingkungan, aktivitas/pekerjaan, pengetahuan tentang gizi, status ekonomi dan cara pandang wanita terhadap makanan.

Mari saya jelaskan satu persatu..

gizi ibu hamil

1.Usia

Usia ibu hamil kurang dari 20 tahun mengakibatkan kurang matangnya fungsi organ reproduksinya, usia dibawah 20 tahun juga mempengaruhi mental ibu sehingga perhatian akan kebutuhan gizinya sangatlah kurang dan perlu perhatian.
Ibu hamil yang berusia diatas 35 tahun juga sudah mengalami kemunduran pada organ reproduksinya sehingga membutuhkan kebutuhan gizi yang lebih banyak. umur 20-35 tahun adalah usia yang terbilang cukup ideal untuk hamil.

2.Berat badan

Tentu saja jika penambahan berat bdan ibu hamil kurang dari semestinya, maka gizi yang diperoleh selama ini juga kurang.

3.Kondisi kesehatan

Ketika ibu hamil sakit, maka metabolisme tubuhnya tentu akan bekerja lebih berat, dan energi yang diperlukan juga semakin banyak. Pada ibu hamil, sebelum gizi digunakan untuk perkembangan kehamilan, gizi tersebut akan digunakan untuk metabolisme daya tubuh terlebih dahulu.

4.Suhu lingkungan

Suhu tubuh biasanya dipertahankan antara 36-37,6 derajat celcius, sehingga jika jarak antara suhu tubuh manusia dengan suhu lingkungan, maka lebih banyak energi yang diperlukan.

5.aktivitas/pekerjaan

Hal ini sudah sangat jelas, semakin berat pekerjaan dan semakin banyak aktivitasnya ibu hamil, maka kebutuhan gizinya juga akan semakin besar.

6.Pengetahuan tentang gizi

Bagi ibu hamil yang berpendidikan tinggi biasanya lebih memperhatikan gizi dibanding ibu hamil yang berpendidikan rendah. Sehingga ibu hamil dengan pengetahuan lebih tinggi juga mampu memilah makanan yang sesuai dengan kondisinya saat itu.

7.Status ekonomi

Kebanyakan ibu hamil yang status ekonominya rendah, tidak mampu memenuhi kecukupan gizi selama hamil, mereka cenderung memakan makanan tanpa memperhatikan kadar gizi di dalamnya dan mementingkan harga karena ekonomi yang sulit.

8. Cara pandang wanita terhadap makanan

Wanita yang sudah memiliki keluarga biasanya cenderung lebih mementingkan kebutuhan gizi anggota keluarganya dibanding dirinya sendiri, padahal kebutuhan gizi dirinya juga penting apalagi saat dirinya sedang hamil.

Mari para ibu hamil mencoba memahami faktor gizi mana yang menjadi masalahnya saat ini, karena penting sekali untuk menangani dan menyelesaikan masalah gizi saat kita mengetahui apa faktor penyebabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar