Minggu, 27 November 2016

Apa Sih Anemia Itu?

Bunda, selama hamil kebutuhan gizi bunda lebih banyak daripada sebelum hamil. Nah begitu pula kebutuhan zat besi bunda saat hamil rata-rata 800 mg selama kehamilan. 500 mg untuk bunda, dan 300 mg untuk janin dan ari-arinya. Kalau zat besi yang didapatkan ibu kurang dari 800 mg, maka ibu dinyatakan anemia.

Apa sih anemia itu?

anemia


Anemia bisa juga diartikan sel darah merah yang mengandung haemoglobin dalm tubuh wanita hamil berada di bawah normal. Sel darah merah bertugas membawa oksigen dari paru-paru menuju ke seluruh tubuh. Sehingga jika sel darah merah menurun maka yang mengangkut oksigen juga berkurang


Apa saja sih penyebab anemia?

Anemia ini bisa terjadi karena tubuh terlalu sedikit memproduksi sel darah merah, atau karena tubuh kehilangan sel darah merah dengan cepat. Hal ini dikarenakan oleh berbagai faktor diantaranya :

1.anemia karena kekurangan zat besi

Dengan bantuan zat besi, sumsum tulang mampu memproduksi haemoglobin untuk sel darah merah, sehingga jika zat besi berkurang, produksi haemoglobin tentu saja akan ikut berkurang.

2.Anemia karena kekurangan vitamin

Selain membutuhkan zat besi, sumsum tulang juga membutuhkan asam folat dan juga vitamin B-12 untuk menghasilkan sel darah merah yang cukup. Asupan makanan yang rendah akan vitamin B-12 dan asam folat akan menyebabkan penurunan sel darah merah.

3. Anemia karena penyakit

Suatu penyakit kronis tertentu, contohnya leukimia, kanker dan HIV/AIDS dapat mempengaruhi produksi sel darah merah dan menghasilkan anemia dan juga gagal ginjal.

4.Anemia karena penyebab tidak diketahui

Nah, untuk anemia jenis ini sangat jarang terjadi. Biasanya dalam kondisi ini kemampuan sumsum tulang belakang berkurang dalam mengahasilkan sel darah merah.

5.Anemia karena haemoglobin cacat

Pada jenis ini, sumsum tulang sudah mengahasilkan haemoglobin dengan cukup. Namun, mengalami kecacatan dan haemoglobin yang membentuk sel darah merah berbentuk bulan sabit dan mati secara prematur.

6.Anemia karena kehamilan/persalinan

Hal ini disebabkan jika ada komplikasi seperti : perdarahan, spherocytosis herediter, infeksi parasit, keganasan seperti leukimia, dan kegagalan sumsum tuang.


Apa saja gejala anemia?

Gejala anemia yang biasa terjadi seperti kelopak mata pucat, sering kelelahan, sering mual, ujung jari pucat, pusing terus-menerus, denyut jantung tidak teratur, wajah pucat, rambur rontok dan turunnya kekebalan tubuh.


Bagaimana caranya agar saya tidak anemia?

Ada beberapa makanan yang saya rekomendasikan untuk bunda dan keluarga agar anemia ini bisa dihindari, seperti sari kurma, brokoli, bayam, daging merah, hati, dan pisang. Makanan-makanan tersebut mampu meningkatkan kadar haemoglobin bunda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar