Senin, 28 November 2016

Apakah Berat Badanku Sudah Cukup?

Sebelumnya saya akan menjelaskan cara menghitung indeks masa tubuh (IMT)  adalah,
Berat badan : tinggi badan (kuadrat)

Jika anda sudah menghitung IMT, maka berat badan yang harus ditambah selama hamil bisa ditentukan tergantung pada IMT. Berikut adalah golongan-golongan yang sudah dikelompokkan menjadi 5 kelompok

berat badan selama hamil

1. Berat badan kurang (IMT < 19) harus menambah BB sebanyak 15-19 Kg)
2. Berat Badan Normal (IMT 19-26) harus menambah BB sebanyak 11-15 kg
3. Berat Badan Lebih (IMT > 26-29) harus menambah BB sebanyak 6,8-11,4 kg
4. Obesitas (IMT > 29) harus menambah BB maksimal 6 kg
5. Hamil Kembar, harus menambah BB sebanyak 15-20 kg

Dari penjelasan diatas, ibu dapat mengetahui apakah dirinya mengalami kelebihan berat badan atau tidak, serta bisa mengira-ngira berapa berat badan yang harus ibu tambah selama hamil.

Banyak ibu hamil yang makan berlebihan dengan menambah porsi makannya menjadi 2x lipat karena berfikir harus memberi makan 2 orang yaitu dirinya dan juga janin.

Untuk ibu yang mengalami kelebihan berat badan dianjurkan untuk sering melakukan jalan kaki di pagi hari atau berenang jika ibu bisa, ini akan membuat ibu hamil menjadi sehat, dan dapat membakar kolesterol dan lemak dalam tubuh.

Perlu di ingat juga agar ibu hamil tidak melakukan olahraga yang berat selama hamil karena dapat membahayakan dirinya dan juga janin dalam kandungannya. Ibu hamil juga jangan sampai melakukan program diet selama hamil. Karena hawatir bisa mempengaruhi kehamilan.

Daripada menjalani program diet, lebih baik ibu hamil menjaga pola makannya, dengan tidak berlebihan makan makanan yang mengandung lemak. Lebih baik ibu hamil memilih makan makanan yang segar dan bergizi tinggi serta seimbang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar