Minggu, 13 November 2016

Berbagai Perubahan Selama Kehamilan yang Perlu Diwaspadai

Masa kehamilan dimulai dari masa konsepsi sampai lahirnya janin, biasanya selama 280 hari atau 40 minggu (9 bulan 7 hari) di hitung dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Selama masa kehamilan ini dibagi menjadi 3 bagian yang biasa disebut trimester 1 0-3 bulan (0-12 minggu), terimester 2 4-6 bulan (13-25 minggu) dan trimester 3 7-9 bulan (26-40 minggu).

Nah bunda, di kesempatan kali ini kita akan membahas perubahan apa saja yang bisa terjadi pada ibu dan janin saat trimester 1 (0-12 minggu).

hamil muda


Pertama-tama para bunda yang hamil akan mengalami spotting (perdarahan bercak-bercak) selama kurang lebih 10 hari setelah konsepsi (melekatnya embrio pada lapisan uterus), bercak darah yang keluar biasanya lebih sedikit dari darah haid biasanya.

Perubahan fisik selanjutnya adalah biasanya bunda akan mengalami nyeri dan pembesaran pada daerah payudara, kadang bisa juga diikuti dengan rasa lelah, Ini dikarenakan saat bunda hamil secara otomatis payudara juga ikut mempersiapkan kelahiran si bayi nanti dengan cara memproduksi ASI.

Saat hamil, rahim bunda yang terus membesar juga akan terus menekan kandung kemih, hal ini mengakibatkan bunda menjadi sering kencing. Selama 3 bulan pertama ini pembesaran rahim akan terasa di atas simpisis pubis (tulang kemaluan) dan berat bunda pada normalnya akan naik 1-2 Kg.

Karena hormon progesteron dan estrogen bunda akan meningkat hal ini akan mengakibatkan terjadinya morning sickness yaitu mual mdan muntah pada pagi hari, ini akan berlangsung selama 3 bulan pertama ini, hal ini juga yang menyebabkan banyak ibu hamil membenci kehamilannya dan melakukan penolakan terhadap perubahannya.

Kenaikan berat badan tadi akan susah bunda dapatkan karena rasa mual dan juga muntah yang dialami apalagi jika bunda menolak, merasa kecewa dan sedih atas kehamilannya. jadi solusinya bisa dengan makan sedikit namun sering, lebih baik juga menghindari makanan yang berbau terlalu menyengat, hindari juga makan makanan bersantan yang berlebihan.

Jika bunda tidak nafsu makan nasi, bunda boleh makan roti, biskuit, ice cream, buah atau makanan lainnya yang bunda suka dan tidak memiliki alergi, jadi bunda tetap memenuhi kebutuhan gizi bagi dirinya dan juga janinnya.

Pada 3 bulan ini janin akan mengalami perubahan sesuai tingkatannya. Mulai dari janin berusia 0-2 minggu disebut ovum, 3-5 minggu disebut embrio, pada masa ini pembentukan bagian-bagian dasar tubuh janin sudah mulai terbentuk dan berkembang dengan pesat.

Setelah 5 minggu baru akan dinamakan featus atau janin karena sudah memiliki bentuk manusia. Pada akhir minggu ke 12 panjang janin sudah 7-9 cm, sudah ada pusat-pusat pertulangan, kuku dan jenis kelamin janin sudah bisa tentukan.

Pergerakan janin juga masih sangat halus sehingga bunda belum bisa merasakannya. Pada masa ini juga ginjal juga sudah mulai berfungsi memproduksi air kencing.

Jadi bunda, selama awal kehamilan ini harus hati-hati dan terus makan makanan bergizi agar bunda dan janinnya juga sehat, seorang anak adalah anugerah yang diberikan Tuhan untuk kita, sehingga kita harus menerima dan mensyukurinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar