Selasa, 29 November 2016

Mendonorkan Sperma? Bolehkah?

Donor sperma di indonesia masih tidak ada, karena beberapa undang-undang yang belum melegalkan donor sperma ini. Di indonesia juga masih memegang adat ketimuran yang tinggi, sehingga karena mayoritas beragama islam, banyak kontroversi yang ditimbulkan dalam masalah donor sperma.
Namun disini saya akan menjelaskan tentang donor sperma untuk menambah pengetahuan para pembaca.

Donor sperma. Seperti sebutannya, donor sperma berarti seorang pria yang mendonasikan atau menyumbangkan sperma nya secara sukarela, dan nanti sperma yang disumbangkan atau di donasikan akan di simpan di sebuah tempat yang dinamakan bank sperma.

Bank sperma ini adalah tempat pembekuan dan penyimpanan untuk sperma. Sperma yang telah didonorkan tersebut akan disimpan dalam tabung pendingin yang berisi nitrogen cair dengan suhu 198 ᵒC. Sperma ini dapat disimpan selama 5 tahun saja di bank sperma.

donor sperma


Banyak orang di luar negeri yang melakukan pendonoran sperma ini dengan bermacam-macam alasan seperti :

1.seseorang akan menjalani pengobatan yang akan mengurangi jumlah dan kualitas spermanya, contoh obanya adalah sulfasalazine dan methotrexate sehingga ia mendonorkan spermanya dan akan mengambilnya kembali saat dibutuhkan.

2.Seorang pria yang akan menjalani perawatan kanker yang mungki bisa mengurangi atau merusak kualitas sperma, seperti radiasi dan kemoterapi.

3.Seorang pria yang akan memasuki daerah kerja yang rawan akan terpapar racun reproduktif.

4.Seorang pria memiliki kondisi medis dimana seorang pria tidak dapat melakukan ejakulasi secara normal.

5.Seseorang yang akan menjalani operasi agar tidak bisa mengeluarkan sperma lagi atau biasa disebut dalam dunia medis vasektomi



Bagaimana prosedur pendonoran sperma?

Nah seorang pria yang ingin mendonorkan spermanya harus menjalani tes kesehatan terlebih dahulu, seperti pemeriksaan hepatitis, kanker, penyakit jiwa, HIV/AIDS dan penyakit-penyakit menular lainnya. Tes kesehatan ini akan berlangsung selama enam minggu.

Kemudian pemeriksaan sampel sperma, sperma yang bisa di donorkan adalah sperma yang sehat dan dalam I ml sperma mengandung 20 juta sel, karena nantinya sperma ini akan digunakan oleh pasangan yang tidak bisa memiliki anak karena mandul.

Di negara barat, banyak sekali pasangan yang memanfaatkan donor sperma ini tanpa mengetahui asal usul orang yang mendonorkannya, atau berapa pasangan yang telah mengambil sperma dari pendonor yang sama, sehingga banyak masalah yang tidak etis muncul.

contohnya :
Di Negara Denmark ditemukan satu orang pendonor yang memiliki 43 bayi yang tersebar di 10 negara. Ternyata pendonor tersebut menyebabkan penyakit menurun pada lima orang anaknya. Lima bayi tersebut terkena penyakit neurofibromatosis yang dapat menyebabkan kebutaan dan epilepsi.

Di New York, Chynthia Daily hamil menggunakan jasa donor sperma berharap ingin mencari saudara tiri anaknya. Namun begitu terkejutnya mengatahui faktanya bahwa anaknya memiliki 150 saudara dari ayah donor yang sama. Muncul kekhawatiran kemungkinan akan terjadi peningkatan inses (hubungan seks antar keluarga dekat) antara saudara se ayah.

Menurut saya donor sperma disini memiliki lebih banyak mudarat yang ditimbulkan daripada manfaat yang didapat, sehingga mungkin lebih baik memilih jalan lain untuk memiliki anak daripada menggunakan bank sperma. Dan jangan mudah untuk mendonorkan sperma karena suatu hari nanti akan banyak masalah yang ditimbulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar