Selasa, 06 Desember 2016

6 Tanda Bahaya Selama Kehamilan

Bunda harus selalu memperhatikan kehamilannya, menjaga pola makan, pola tidur serta kebersihan diri agar bunda dan juga janin selalu dalam keadaan sehat. Namun tidak sedikit para bunda yang mengalami tanda bahaya pada dirinya namun tidak mengerti dan menganggap hal tersebut normal-normal saja, jadi mari kita kenali sejak dini apa saja tanda bahaya tersebut.

bahaya kehamilan

1. Perdarahan dari jalan lahir


kalau saat hamil di bulan-bulan pertama ibu mengalami perdarahan yang berwarna merah, banyak seperti awal hai atau bahkan lebih sampai terasa nyeri, mungki bisa terjadi keguguran, Kehamilan di luar kandungan, dan kehamilan anggur. tapi kalau setelah hamil diatas 5 bulan dan darah yang keluar merah, jumlahnya entah banyak ataupun sedikit, dan terasa nyeri diperut, kemungkinan ari-ari nya sedang menutupi jalan lahir bayi.

2. Sakit kepala yang hebat


Sakit kepala hebat yang dimaksud adalah jika beristirahat sakit kepalanya tidak hilang/berkurang, kemudian menyebabkan mata kabur, sakit kepala yang hebat ini menunjukkan adanya gejala pre-eklampsia yang mengarah ke kejang.

3. Pandangan kabur/rabun senja tiba-tiba


Keadaan yang menunjukkan kegawatan adalah jika penglihatan tiba-tiba kabur mendadak hingga pingsan, kemungkinan ibu mengalami anemia berat atau juga kehamilan di luar kandungan yang jika tidak ditangani mengancam jiwa bunda maupun janin.

4. Nyeri perut yang hebat


Nyeri perut yang hebat, menetap, dan tidak hilang/berkurang setelah istirahat dapat menunjukkan tanda-tanda keguguran, kehamilan di luar kandungan, appendicitis, penyakit radang panggul, persalinan prematur, gastritis, penyakit kantong empedu, infeksi saluran kemih, dan infeksi lainnya.

5. Bengkak pada wajah, kaki dan tangan


Bengkak bisa menunjukkan adanya masalah serius jika terletak di wajah, kaki,tangan, tidak hilang dengan beristirahat dan disertai keluhan fisik lainnya. Hal ini dapat menandakan anemia, gagal jantung, atau juga pre-eklampsia (mengarah pada kejang).

6. Bayi kurang gerak seperti biasanya


Jika bayi tidur gerakan janin akan sedikit berkurang, bayi harus bergerak paling sedikit 3 kali selama 3 jam, bayi akan lebih mudah terasa jika posisi bunda sedang berbaring, beristirahat, atau makan dan minum dengan baik. Jika bunda merasa gerakan janin berkurang, segera periksa ke bidan/tenaga kesehatan profesional lainnya untuk mencegah hal gawat yang tidak diinginkan.

Nah bunda, tadi adalah sekilas tanda bahaya yang sering terjadi selama kehamilan. Selama hamil, bunda, suami dan keluarga harus aktif dan terus mencari informasi tentang kehamilan untuk menambah wawasan, jangan lupa terus makan makanan bergizi dan seimbang agar kebutuhan ibu dan janin tetap tercukupi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar