Sabtu, 03 Desember 2016

Aku Hamil Nggak Ya?

Aku hamil nggak ya? Dari pada sibuk mikir hamil nggak nya, lebih kita mengetahui dulu apa saja tanda kehamilan. Tanda kehamilan sendiri dibagi menjadi 3 bagian, ada tanda tidak pasti, tanda mungkin, dan tanda pasti.

hamil

Tanda tidak pasti/ tanda kemungkinan/tanda presumtive kehamilan

Tanda ini biasanya di sebut tanya subjektif, karena tanda ini biasanya dirasakan sendiri oleh bunda.

1. Amenorrhoe

Tidak menstruasi Untuk bunda yang biasanya hamil teratur, tanda ini bisa mengarah kepada kehamilan, namun bisa juga seorang wanita berhenti menstruasi karena penyakit seperti, TBC, typus, anemia, eating disorder, kehilangan BB secara drastis, menopause, pengaruh psikis, efek alat kontrasepsi. Di lain pihak, beberapa wanita akan mengalami menstruasi berupa bercak saat terjadi kehamilan.

2. Perubahan pada payudara

Disini bunda akan merasa payudara lebih terisi dan agak sedikit nyeri, namun biasanya juga beberapa wanita mengalami hal ini sebelum menstruasi.

3. Mual dan muntah

Tanda ini yang paling sering dialami wanita saat awal kehamilan, mual dan muntah biasanya terjadi di pagi hari sehingga dinamakan morning sickness, namun bisa juga terjadi sepanjang hari.

4. Sering kencing

Sering kencing dikarenakan rahim yang menekan kandung kemih, namun ini juga bisa mengarah kepada infeksi saluran kemih.

5. Hyperpigmentasi kulit

Biasanya kulit yang mengalami perubahan warna adalah wajah, sekitar puting, dan daerah leher menjadi lebih kehitaman. Namun hal ini juga dapat mengarah pada penyakit tertentu, kehitaman pada leher juga bisa terjadi karena kenaikan berat badan.

6. Merasakan gerakan janin

Bunda yang baru pertama kali hamil bisa merasakan gerakan janin saat kehamilan 5 bulan, bunda yang hamil kedua dan seterusnya dapat merasakan gerakan janin saat kehamilan 4 bulan.

7. Merasa lelah

Biasanya diawal kehamilan bunda akan menjadi sering lelah karena perubahan pola tidur, stres, atau karena kondisi yang sedang tidak sehat.

8. Peningkatan suhu basal

Suhu tubuh akan meningkat saat terjadinya ovulasi dan kembali normal setelah 10 hari. Namun suhu tubuh bisa meningkat juga jika ibu mengalami infeksi dan aktivutas tubuh meningkat.

hamil


Tanda probable/tanda mungkin

Tanda ini biasanya ditemukan oleh pemeriksa (dokter/bidan), bisa juga di rasakan oleh ibu. Semakin banyak tanda mungkin di temukan, maka semakin besar kemungkinan ibu hamil.

1.pembesaran, dan perubahan bentuk rahim

Semakin lama, maka akan semakin besar dan semakin bundar bentuk rahimnya, jika hamil muda bisa diketahui dengan pemeriksaan dalam. Kadang pembesaran tidak rata, daerah tempat telur yang bernidasilah yang akan mengalami pembesaran duluan.

2.Perubahan pada mucosa vagina dan vulva

Adanya vaskularisasi menyebabkan vagina dan vulva tampak agak merah ke biru-biruan, tanda ini disebut tanda chadwick.

3.Perubahan pada serviks/mulut rahim

Jika hamil serviks/mulut rahim terasa lebih lunak. Namun lunaknya mulut rahim juga di temukan pada wanita yang menggunakan alat kontrasepsi oral.

4.Kontraksi braxton hicks

Kontraksi ini bisa dirasakan oleh ibu sendiri, biasanya setelah 4 bulan. Bisa juga dirasakan saat melakukan pemeriksaan dalam, mulut rahim yang tadinya lunak langsung berubah menjadi keras saat ada kontraksi.

5.Balotemen

Jika rahim didorong atau di goyangkan, maka anak akan melenting di dalam rahim. Tanda ini bisa didapatkan dengan pemeriksaan dalam maupun luar.

6.Pembesaran perut

Tentu saja jika rahim membesar, perut juga akan membesar, seiring membersarnya rahim maka usia kehamilan juga dapat ditentukan.

7.Pemeriksaan biologis

Pemeriksaan ini dilakukan dengan pemeriksaan kadar hcg, jika positif berarti hamil, jika tidak maka akan diulang seminggu kemudian.

Tanda positive/tanda pasti

Jika salah satu tanda dibawah ini ditemukan,maka diagnosa sudah pasti hamil.

1.Mendengar bunyi jantung janin

Saat kehamilan baru 1,5 bulan bisa menggunakan transvaginal ultrasound, setelah 2 bulan bisa menggunakan USG, dengan funandoscope saat kehamilan 5-6 minggu.

2.Meraba gerakan janin

Pergerakan janin bisa teraba saat kehamilan 4 bulan, namun pemeriksa dapat mengetahui bagian-bagian janin saat usia sudah mencapai 6 bulan. Melihat kerangka janin Dengan menggunakan USG saat kehamilan lebih dari 1 bulan sudah dapat melihat kerangka janin.


Nah bunda, jika bunda merasa atau curiga sedang mengalami kehamilan, segera lakukan pemeriksaan kepada tenaga kesehatan terdekat, untuk mengetahui dengan pasti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar