Kamis, 01 Desember 2016

Bagaimana Cara Mengatur Makan Saat Hami?

Gizi seimbang untuk ibu hamil adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, tentu saja dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, kebersihan, dan berat badan (BB) ideal.

Trimester pertama kehamilan

Di trimester pertama umumnya nafsu makan ibu hamil menurun. Hal ini disebabkan perubahan hormon dalam tubuh yang berkenaan dengan kehamilan yang menimbulkan efek mual dan muntah sehingga ibu tidak nafsu makan.

makanan ibu hamil


Walaupun nafsu makan menurun, ibu harus mengusakan untuk selalu makan. Bisa dengan cara makan sedikit tapi sering dengan makanan yang tinggi kalori seperti jus buah, roti panggang, buah-buahan segar dan biskuit.

Trimester kedua kehamilan

Di trimester ini, janin mulai tumbuh pesat sehingga tubuh memerlukan tambahan kalori untuk menunjang pertumbuhan janin. Selain itu tubuh juga mulai menyimpan lemak dan zat gizi lain sebagai cadangan untuk produksi ASI.

Oleh sebab itu, jumlah dan kualitas makanan pun harus ditingkatkan karena setelah memasuki trimester 2 ini nafsu makan ibu juga sudah mulai membaik.

menu makanan ibu hamil

Trimester ketiga kehamilan

Pada trimester terakhir kehamilan, nafsu makan ibu cukup baik dan biasanya ibu selalu merasa lapar. Hal ini disebabkan karena janin sudah cukup besar. Maka perlu pengaturan makanan yang seksama, terutama pengaturan makanan sumber energi.

Seperti halnya saat trimester pertama tadi ibu sebaiknya diberikan makan dengan porsi sedikit tapi sering, karena jika diberikan dengan porsi banyak akan menghilangkan nafsu makan ibu.

Asupan protein, vitamin dan mineral yang cukup diperlukan untuk mendukung pertumbuhan janin yang semakin pesat dan pembentukan sel-sel otak

Saya juga akan memberikan contoh untuk ibu-ibu yang sedang hamil dirumah, bagaimana pengaturan makanan saat pagi siang dan malam.

Contoh Susunan Menu Sehari Ibu Hamil Trimester Pertama

Makan pagi (jam 07.00) :
-Roti panggang
-Susu

Snack (jam 10.00) :
-Jus jeruk

Makan siang (jam 13.00) :
-Nasi
-Oseng kangkung
-Tempe bumbu rujak
-Lele bakar
-Buah melon

Snack (jam 16.00) :
-Biskuit/kue kering

Makan Malam (jam 19.00) :
-Nasi
-Oseng wortel buncis
-Dendeng ragi
-Sambel goreng tempe
-Buah pisang

Contoh Susunan Menu Sehari Ibu Hamil Trimester Kedua dan Ketiga

Makan pagi (jam 07.00):
-Soto ayam
-Jus stroberi wortel

Snack (jam10.00) :
-Kue lapis
-Susu

Makan siang (jam 13.00) :
-Nasi
 -Sayur bayam
 -Ayam goreng
 -Tempe bacem
 -Buah apel

Snack sore (jam 16.00) :
-Puding susu
 -Jus jeruk

Makan malam (jam 19.00) :
-Nasi
 -Cap cay
 -Fu yung hai
 -Tempe goreng tepung
 -Buah pepaya

untuk menu yang tidak ada bisa diganti dengan menu lain yang sekiranya mengandung kalori yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar