Minggu, 04 Desember 2016

Bagaimana Mempersiapkan Persalinan?

Melahirkan adalah proses pengeluaran bayi sejak pembukaan mulut rahim lengkap (10 cm) sampai lahirnya bayi. Saat menjalani hari-hari menjelang melahirkan, bunda dan suami atau keluarga harus mengetahui apa saja tanda-tanda mau melahirkan, dan juga apa saja yang nanti perlu di persiapkan.

persiapan persalinan


Tanda-tanda mau melahirkan diantaranya,

1.Biasanya bunda akan sulit tidur

karena terlalu sering memikirkan bagaimana nanti saat-saat kelahiran bayi dan memikirkan apakah bayi dan bunda akan selamat atau adakah kecacatan pada bayi.

2.Sering buang air kecil

karena bayi sudah mulai turun dan menekan kandung kemih.

3.Keluar lendir becampur darah

biasanya bisa juga yang keluar hanya lendir saja dari jalan lahir, terkadang juga bercampur darah, hal ini dikarenakan jalan lahir bunda sudah mulai membuka.

4.Sakit di selangkangan

biasanya disertai dengan sakit di perut, pegal-pegal, dan nyeri di bagian punggung seperti saat menjelang menstruasi.

5.Adanya kontraksi (nyeri di perut)

Untuk beberapa jam setelah merasakan kontraksi bunda masih memiliki waktu mempersiapkan diri, jika darah dan lendir belum keluar bunda bisa berjalan-jalan di dalam rumah untuk mempercepat turunnya bayi dan mempercepat pembukaan jalan lahir.

6.Air ketuban pecah

Nah ini yang paling umum di ketahui oleh bunda menjelang melahirkan, air ketuban ada yang jernih, keruh, kehijauan dan baunya agak amis. saat air ketuban sudah pecah bunda harus segera menuju bidan/tenaga kesehatan profesional, karena ketuban yang sudah pecah bisa menyebabkan infeksi pada ibu dan bayi.


Nah bunda tadi saya sudah menjelaskan beberapa tanda-tanda sebelum melahirkan, sekarang kita lanjutkan dengan apa saja perlengkapan yang dibutuhkan sebelum berangkat ke bidan/rumah sakit.

1.Peralatan mandi ibu
2.Pakaian ganti ibu seperti : baju, celana dalam, bra untuk menyusui, sewek/kain
3.Gurita/stagen untuk ibu
4.Makanan/minuman ringan untuk menemani ibu menjelang persalinan
5.Perlengkapan bayi seperti : baju, bedong, pempers, selimut, topi, sarung tangan dan kaki. 6.Dokumen (bpjs, buku kia, tanda pengenal)
7.Uang

Ada juga barang-barang yang tidak terlalu penting namun bermanfaat untuk dibawa seperti : kamera untuk mengabadikan momen, charger hp, bantal dan selimut untuk suami atau keluarga yang menunggui.

Nah bunda jangan lupa mengemas semua perlengkapan dalam tas yang siap di bawa agar nanti saat tanda-tanda melahirkan sudah terasa, bunda tidak terburu-buru dan melupakan barang yang hendak di bawa. Jangan lupa berdoa untuk keselamatan bunda dan bayi dan terus berfikiran positif agar bunda tidak stres menjelang melahirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar