Rabu, 07 Desember 2016

Orientasi Rumah Sakit Seharian?

Hari ini adalah hari pertama aku PKK 3 (Praktek klinik kebidanan), Rumah Sakit tempat aku praktek kali ini adalah salah satu Rumah Sakit terbesar di kota ini, kita sebut saja RS “X”, Rumah Sakit dengan tipe A, luas 9 hektar, pelayanan memuaskan, dan terakreditasi paripurna.

orientasi rumah sakit


Pihak Rumah Sakit meminta orientasinya diadakan senin, ku pikir orientasi akan berjalan seperti orientasi di Rumah Sakit lain, Datang => masuk ruangan => diperkenalkan tempat obat, tempat alat, dan beberapa peraturan ruangan => pembagian shift pagi, sore, malam => yang kebagian shift pagi langsung praktek.

Eeeehhh... Ternyata, acaranya seharian, mulai jam 7 pagi datang langsung materi, ada materi 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun) jadi Rumah Sakit ini memang sangat mementingkan 5S ini. terus ada materi pembagian tempat-tempat sampah, tempat sampah medis sendiri dan seperti bungkus makanan,kertas, dan barang lain yang tidak kontak dengan pasien ada sendiri.

Materi yang diberikan diberikan waktu 60-90 menit untuk 1 materi, dan total materi yang diberikan ada 5-6 materi, untung aja nih ada konsumsi dari rumah sakit, seenggaknya kami punya pembangkit energi yaa, hehehe Materi selesai jam 3 sore, terus dilanjutkan orientasi rumah sakit, kami dibagi menjadi 18 kelompok (maklum mahasiswa yang orientasi ada 171 mahasiswa dari 5 universitas berbeda), tour rumah sakit ini dari lantai 3 sampai lantai 1, semua ruangan kami datangi dan selesai 1 jam kemudian, bayangkan aja kakiku pegelnya gimana..

Akhirnya kami pulang dan besok baru orintasi ruangan masing-masing dan juga pembagian shift, Rumah Sakit ini wah, benar-benar membuat ku geleng-geleng, geleng-geleng karena kedisiplinannya, geleng-geleng karena bangunannya besar dan alatnya lengkap, dan geleng-geleng karena banyaknya keluarga pasien yang sampai tidur di pinggir-pinggir ruangan karena rumah sakit kelas 3 memang tidak menyediakan tempat untuk keluarga yang menunggui pasien.

Rumah Sakit inilah yang akan aku datangi setiap hari sampai satu bulan kedepan.. Dan semoga bidan dan perawat senior di ruanganku nggak bakal minta aku buat keluar dari ruangan entah untuk antar hasil lab ataupun beli sesuatu (pengalaman sebelumnya seperti itu), karena aku pasti nggak bakal berani jalan di lorong-lorong gelap dan sepi di rumah sakit sebesar ini ^.^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar