Selasa, 13 Desember 2016

Pengalaman Dinas Sore Di Ruang Onkologi? Capek Nggak Ya?

Dinas sore pertama, yeay..Kalo sore katanya ada aja yang kemo, dari dulu penasaran kemo itu gimana, soalnya di kelas nggak diajarkan kemo, maklum bukan wewenang bidan.

menyiapkan obat


Jam 13.40 aku sudah sampe, siap-siap, operan pasien sama yang pagi, pasiennya 14 orang, tapi yang kemo ada 7 orang, terus lanjut duduk (maklum nggak ada kerjaan kalo jam-jam segini, 15 menit, datang 1 Pasien baru, datang lagi.. Lagi.. Lagi.. La.. OMG, 6 pasien baru datang untuk kemo, jadi totalnya 13 orang. Ini harus seneng apa gimana??

Jam 15.00 Bahan kemo udah datang, ternyata ada prosedur tiap orang yang kemo dan berbeda, jadi kita harus ngikutin prosedur ya, tiap orang punya keranjang sendiri, biar nggak keliru ngasihnya, terus langsung oplos obat yang mau di masukkan, semua udah siap cairan terpasang, obat di injeksikan, tinggal nunggu 13 cairan habis, dan ganti cairan baru sama injeksi obat. Okee sampe sini masih asik aja, bisa ngikutin juga..

Ambil hp, buka instagram..
Tik.. Tok.. " Sus infusnya habis", ikuti prosedur..
"Sus.. Infusnya habis"
"Sus.. Sus.."
"Sus.. "
Omaigaaattt... Yang ini tinggal dikit, sana tinggal dikit juga, siapkan obatnya, siapkan cairannya..
"Sus ini habis... " "iyaa bentar, " tuk.. Utukk.. Utukk... Ealah, ngeslong ada udara di dalam selang infusnya, nggak boleh gini nih, bisa fatal ke pasien, jadi kelurkan cairannya dulu.. Waduh berarti harus keliling di awasin jangan sampe ada yang kehabisan. Mau habis ganti cairan, injeksi, ganti cairan, injeksi, ganti cairan, ganti cairan..

(aku pengen duduk 😭) Jam 16.00. 17.00, 18.00, 19.00, aku belum duduk sama sekali, duduk bentar lah, ooppss..
Lupa..!!! Belum TTV pasien (tensi, ukur suhu, nadi, dan pernafasan).. TTV dulu mumpung belum ada yang mau habis, jam 20.00 yang kemo terus lanjut, sana mau habis, sini juga, oplos lagi, injeksi lagi.. Jam 20.30 tinggal 5 pasien lagi, duduk dulu

Aaahh~~ Akhirnya bisa duduk juga, "dek, urinnya udah kamu buang?" "belom bu"
yaelaaahh lupa buang urine pasien pas ttv tadi, Berdiri lagi.. 20.45 yang shift malam udah datang, Alhamdulillah.. Kaki ku rasanya pada lecet semua, badanku remuk, Mau nangis aja rasanya, berjam-jam nggak duduk, Jam berapa ini? Ah 5 menit lagi jam 21.00 bisa pulang, untung besok libur, pulang langsung Tidur, istirahat biar besok bisa ngerjakan laporan.

Hari ini.. Hari terberat, tercapek, ter-ter-ter lainnya, Kemo 1 orang mungkin biasa aja, kemo 13 orang benar-benar luar dari pada biasa daah, buat kalian-kalian yang mau jadi bidan,perawat, atau tenaga kesehatan lain.. Dipikir lagi aja, ternyata semua nggak gampang, kuliah 4 tahun, profesi 1 tahun, habis profesi magang dulu, kalo kerja nanti gajinya sedikit...

Ngerjakan laporang asuhan yang bertumpuk-tumpuk, merelakan hari libur untuk jaga pasien, libur panjang jarang ada, dosen susah ditemuin, selalu jadi korban php.. Kalo mau jadi mahasiswa kesehatan, pastikan kamu kuat lahir batin, Aaaahhh... Sampe juga, sayangku,, kasurku tercinta..
Im coming.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar