Kamis, 08 Desember 2016

Ruanganku, Onkologi

Day-2, Ruangan Onkologi, hari ini pertama kali aku di ruangan ini, ruangan ini penuh dengan pasien kanker reproduksi, ex: kanker serviks, kanker ovarium, kanker endometrium, dkk

Ruangan ini khusus untuk pasien perempuan, jumlah bed nya 21 dan berhadap-hadapan, yang terisi mungkin hanya sekitar 6-7 bed, di sisi kiri khusus untuk perbaikan keadaan umum, di sisi kanan khusus untuk pasien yang akan di kemoterapi. Walaupun nggak jarang bed nya penuh terus pasien kemoterapi ditaro di sisi kiri.

ruang onkologi


Ruangannya lumayan rapi, lantainya bersih, perawat sama bidan seniornya juga ramah kok, hari pertama aku shift pagi, ada 8 mahasiswa dari 4 universitas lain yang ngebuat ruangan ini serasa penuh dengan mahasiswa.

Aku juga masih belum terbiasa sama jadwal di ruangan ini dan apa saja yang harus dilakukan, untungnya mbak-mbak yang sudah diruangan dari kemarin ngeshare apa aja tugas kami di ruangan ini. Kami ngawasin semua pasien, mengobservasi TTV, dan jumlah cairan infus yang terpasang di tangan masing-masing pasien.

Kalo kataku sih pagi pasiennya nggak sebanyak dari cerita kakak tingkatku yang pernah praktek di sini (maklum, kami selalu cari tau tentang ruangan yang akan kami masuki), jadi karena pasien sedikit dan nggak ada pasien baru yang masuk, aku jadi belum bisa ngambil kasus untuk asuhan kebidananku.

Nyari kasus sebenarnya harus cepat, biar cepat konsul, cepat revisi juga, soalnya biar tau juga materinya tentang apa, kan jadi bisa cepat nyari buku buat sumber. Tapi mau gimana lagi, udah jam 12 siang, shift ku 2 jam lagi habis dan nggak ada pasien baru yang masuk.

Hari ini pasiennya nggak banyak yang rewel, cuma ganti infus kalo habis, observasi tanda-tanda vital, buang urine kalo penuh, bersihkan ranjang kalo pasien mau pulang. Pekerjaannya tidak terlalu banyak. Apa kebetulan aku jaga dan nggak ada pasien baru yang datang atau memang biasanya pasiennya sepi kaya gini.,?? Yasudah lihat besok aja mungkin ada perubahan.

Nilai plusnya di ruangan pembimbing kliniknya ramah. Dimana-mana kalo praktek tuh yang penting pembimbing sama seniornya enak, apalagi kalo banyak target yang bisa kami penuhi itu lebih enak lagi haha tap.. ya jarang, ada aja tokoh senior yang kaya ibu peri(baik), kayak macan(suka ngomel), kaya siput(lemot), dll. Hehe

Sudah jam 2 siang, shift pagi ku habis dan nggak ada pasien baru, oke fix hari ini belum ambil kasus dlu, temanku yang shift sore juga udah datang.. Saatnya pulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar