Senin, 05 Desember 2016

Tips Cara Makan Selama Hamil

Selama hamil bunda menjalani masa-masa yang penting dalam mengamati dan menjaga pertumbuhan janin secara optimal. Oleh karena itu gizi-gizi yang diperoleh ibu dari makanannya berguna sekali untuk kesehatan dirinya sendiri, persiapan menyusui serta untuk tumbuh kembang janin.

Dibawah ini akan saya berikan tips-tips untuk ibu hamil apa saja yang harus dihindari dan yang harus dilakukan oleh ibu hamil.

makanan ibu hamil

Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

1.Jangan melakukan diet selama kehamilan karena dapat mengakibatkan kekurangan gizi bagi ibu dan janin. Selama hamil ini ibu hamil memang harus mendapatkan kenaikan berat badan yang sesuai.

2.Walaupun berat badan ibu hamil harus naik, namun jangan sampai makan berlebihan karena akan menyebabkan obesitas.

3.Jangan makan makanan yang terlalu tinggi kalori dan hindari makanan junk food.

4.Jangan merokok dan minum alkohol selama kehamilan anda, tidak baik untuk diri dan juga janin. Merokok dan alkohol dapat menyebabkan keguguran.

5.Jangan terlalu dekat dengan binatang peliharaan, karena binatang peliharaan membawa virus toksoplasma yang bisa membuat ibu terinfeksi dan mengakibatkan keguguran pada ibu.


Yang Harus Dilakukan Ibu Hamil

1.Pilihlah makanan yang sehat, bergizi dan seimbang seperti hewan dan sayur yang segar, kalau bisa masaklah di rumah.

2.Sering makan buah-buahan segar untuk memenuhi kebutuhan vitamin.

3.Makanlah makanan yang tinggi akan serat agar ibu tidak sembelit dan pertumbuhan janin tetap terjaga dengan baik.

4.Untuk ibu hamil khusunya dengan tekanan darah tinggi harus menghindari makanan yang mengandung garam tinggi.

5.Sebelum dimasak atau di makan, pastikan ibu mencuci bersih semua buah dan sayur.

6.Makanlah dengan teratur. Jangan sampai ibu merasa kelaparan, namun juga jangan berlebihan sampai kekenyangan. Ibu hamil direkomendasikan makan dengan pola makan sedikit namun sering.

7.Untuk ibu yang terlalu kurus makanan harus lebih banyak dari ibu normal. 8.Makanlah dengan porsi lebih banyak dibandingkan sebelum hamil. 9.Selain makanan, ibu juga harus minum dengan cukup minimal 8 gelas sehari.


Dengan memperhatikan pola makan serta kebersihan makanan, ibu juga berperan dalam menjaga asupan gizi janin tetap aman dan tercukupi. Gizi yang kurang dengan pola makan yang salah akan sering menyebabkan ibu hamil kekurangan gizi walaupun berat badannya meningkat.

Selalu perhatikan juga kebersihan dapur, dan peralatan untuk makan dan memasak, karena kuman dapat berada dimana saja. Jangan malas untuk mengupas kulit buah sebelum dimakan dan membersihkan dapur serta peralatan makan setelah digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar