Jumat, 06 Januari 2017

Apa Itu Penyakit Gonore?

Selama praktik di ruang onkologi, aku sering sekali menemukan pasien kanker dengan penyakit menular seksual, salah satu diantaranya adalah penyakit menular seksual gonore.

Jika membahas tentang penyakit menular seksual, maka kita tidak melulu membahas tentang HIV saja, karena penyakit menular seksual sendiri banyak sekali macam-macamnya, dan salah satunya ya gonore ini.

Gonore ini sudah lumayan dikenal oleh masyarakat dengan sebutan GO, gonore ini disebabkan oleh bakteri bernama Neisseria Gonorrhea. Anda bisa terkena oleh bakteri ini jika melakukan hubungan dengan penderita gonore, jika setelah BAB/BAK tidak dibersihkan dan dikeringkan, dan jika anda berhubungan seksual saat usia muda <16 tahun.

Gonore ini memiliki resiko penularan yang sangat tinggi saat anda dan pasangan anda berhubungan seksual dengan cara genito-grnital, namun tidak menutup kemungkinan juga anda akan tertular jika berhubungan seksual melalui oro-genital dan ano-genital saat tidak menggunakan kondom sebagai alat pelindung.

7 dari 10 pasien penderita gonore yang saya tanyakan riwayat seksual nya mengatakan bahwa mereka tidak menggunakan kondom saat berhubungan seksual.

Tanda dan gejala yang ditimbulkan oleh pria dan wanita berbeda dan terkadang pada satu wanita dan wanita lainnya juga berbeda tergantung seberapa parah mereka terinfeksi. pada pria gejala infeksi gonore ini biasanya muncul dalam waktu 2-7 hari setelah terinfeksi, gejalanya bisa seperti keluarnya cairan berwarna putih pekat atau kuning pekat, nyeri saat buang air kecil, muncul kemerahan pada ujung Mr.P, adanya cairan yang keluar dari anus disertai rasa tidak nyaman dan tenggorokan anda terasa nyeri.

Pada wanita gejala awalnya bisa muncul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi, gejalanya bisa seperti keluarnya cairan keputihan yang tidak biasa pada Ms.V, perdarahan yang tidak teratur di luar jadwal haid, nyeri saat buang air kecil dan panggul terasa nyeri sekali terutama saat berhubungan seksual.

Nah jika anda merasa mengalami gejala-gejala seperti itu, segera periksakan diri anda ke fasilitas kesehatan terdekat, bawa juga pasangan anda untuk di periksa, karena penyakit menular yang tidak segera ditangani akan mengakibatkan kedua pasangan terinfeksi, dan jika seorang wanita hamil dengan penyakit gonore belum terobati dapat menyebabkan kebutaan pada bayi saat dilahirkan.

Bagi anda yang tidak terinfeksi penyakit ini, bisa mencegahnya dengan cara setia pada satu pasangan saja, selalu gunakan kondom saat melakukan hubungan seksual untuk mencegah terjadinya penularan, jangan menggunakan obat-obatan terlarang seoerti narkoba, jangan meminum minuman keras, cari tahu lebih jauh tentang penyakit menular seksual dan cara berhubungan seksual yang sehat.

Dan bagi anda yang telah terlanjur terinfeksi astikan anda memeiksakan diri anda ke pelayanan kesehatan yang memiliki fasilitas lengkap dan menyediakan pengobatan untuk penyakit menular seksual agar bisa segera ditangani dan jangan berhubungan seksual dulu sebelum anda memastikan apakah anda terinfeksi gonore.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar