Jumat, 20 Januari 2017

Apa Sih Prolaps Tali Pusat Itu?

Prolaps tali pusat adalah kondisi dimana tali pusat berada di depan jalan lahir saat ketuban sudah pecah dan kepala janin belum keluar. Kondisi ini adalah salah satu kasus kegawatdaduratan dalam persalinan karena banyak sekali insiden seperti ini yang menyebabkan kematian perinatal.

Prolaps tali pusat ini sering terjadi terutama pada ibu yang sudah pernah melahirkan sebelumnya, kemudian pada ibu yang akan melahirkan prematur yaitu jika usia kehamilan kurang dari 37 minggu (9 bulan), ibu yang mengalami hidramnion (air ketuban yang melebihi normal),

Dan juga pada bayi yang mengalami malpresentasi yaitu bagian kepala janin yang berada di segmen bawah rahim bukanlah bagian belakang kepala. selain itu pada ibu yang hamil dengan janin kembar juga beresiko. Bisa juga jika ketuban belum pecah, kemudian bidan melakukan pemecahan ketuban secara sengaja hal itu dapat memicu prolaps tali pusat

Prolaps tali pusat ini ada pembagiannya, yaitu tali pusat menumbung dan tali pusat terdepan. Tali pusat menumbung adalah jika tali pusat teraba keluar atau berada di samping dan melewati bagian terendah janin di dalam jalan lahir.

Sedangkan tali pusat terdepan adalah jika tali pusat berada di samping bagian besar janin dapat teraba pada kanalis servikalis, atau lebih rendah dari bagian bawah janin sedang ketuban masih belum pecah.

Jika bidan menemukan kasus ini, maka harus di kaji terlebih dahulu apakah tali pusat masih berdenyut atau tidak. Jika tali pusat tidak berdenyut berarti janin sudah mati, dan dalam hal ini akan diupayakan melahirkan secara normal yaitu melalui jalan lahir ibu (pervaginam)

Jika tali pusat masih berdenyut maka beri oksigen untuk ibu, posisikan ibu dengan knee-chest atau trendelenberg, dorong bagian terbawah janin ke arah atas untuk mengurangi tekanan pada tali pusat, yang terakhir rujuk ibu dengan posisi berbaring saat dirujuk adalah miring ke kiri.

Karena kasus ini dapat menyebabkan kematian janin karena kurang nya oksigen ke janin sehingga bidan sangat memerlukan rujukan untuk pasien dengan prolaps tali pusat. Tidak sedikit juga bidan yang lupa tentang prolaps tali pusat sehingga saat pemeriksaan dalam tidak begitu memperhatikan tanda-tanda nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar