Sabtu, 07 Januari 2017

Bagaimana Mengenali Tanda-Tanda Kelahiran Prematur?

Bayi biasanya dikatakan sudah matang dan sudah siap dilahirkan setelah usia kehamilan ibu 37 minggu sampai dengan 40 minggu. Namun banyak juga kejadian yang menyebabkan bayi lahir sebelum usia 37 minggu dan ini di sebut kelahiran prematur.

Kelahiran prematur ini didefinisikan dengan kelahiran bayi yang berlangsung diusia kehamilan antara 24-36 minggu, dan berat lahirnya biasanya kurang dari 2500 gram (BB normal bayi baru lahir 2500-4000 gram).

Bayi prematur yang lahir dengan berat badan kurang dari 2500 gram akan mendapatkan perawatan khusus setelah dilahirkan, dan perawatannya akan berbeda tergantung pada berat badan si bayi. Nah untuk memudahkan pengelompokan bayi berdasarkan berat badan kemudian di terapkan.

Pengelompokan bayi yang lahir prematur ini dibagi menjadi tiga, bila berat lahir bayi diantara 1500-2500 gram disebut Low Birth Weight, bila berat lahir bayi diantara 1000-1500 gram maka disebut Very Low BIrth Weight, dan bila berat lahir bayi kurang dari 1000 gram maka di sebut Extreemly Low Birth Weight.

Kemudian, bayi bisa lahir prematur disebabkan oleh banyak sekali faktor-faktor, faktor dari dalam diri ibu sendiri, maupun dari luar seperti aktivitas dan gaya hidup ibu selama hamil.

Penyebab bayi dilahirkan prematur adalah :

1.komplikasi medis

Misalnya pada kasus perdarahan saat kehamilan, bisa juga karena ibu mengalami tekanan darah tinggi selama hamil sehingga membutuhkan terminasi dalam kehamilan yaiu mempercepat lahirnya si bayi.

2.Faktor gaya hidup

Kebiasaan-kebiasaan buruk yang dilakukan oleh ibu akan berpengaruh terhadap janinnya, misalnya kebiasaan merokok, menggunakan obat-obatan terlarang seperti narkoba, minum minuman keras seperti alkohol, dan kurangnya kepedulian ibu terhadap gizi dan nutrisi dirinya serta janinnya yang mengakibatkan kurangnya kenaikan berat badan ibu selama hamil.

3.Infeksi air ketuban

Jadi air ketuban yang terinfeksi karena masuknya mikroorganisme pada alat reproduksi ibu.

4.Ketuban pecah sebelum usia kehamilan 37 minggu

Reaksi radang yang hebat saat ketuban terinfeksi akan mengakibatkan mikroorganisme memperoleh jalan menuju selaput ketuban dan mengakibatkan pecahnya selaput ketuban.

5.Vaginosis bacterialis

pada vagina seorang wanita ada flora normal yang memang ada disana yang disebut lactobacillus yang menghasilkan hidrogen peroksida, namun kemudian diganti oleh bakteri anaerob spesies mobiluncus, myoplasma hominis.

6.Vaginitis trikomonas dan candida

Wanita dengan trimococus vaginalis mengalami peningkatan resiko kelahiran prematur.

7.Infeksi chlamydia

Adanya gangguan terhadap fungsi reproduksi wanita sebagai akibat dari infeksi oleh kuman chlamydia trachomatis

Tanda dan gejala seorang wanita akan melahirkan prematur sama dengan saat akan melahirkan normal dan matang. Yaitu :
  1. Kontraksi uterus/kenceng-kenceng yang disertai nyeri maupun tidak
  2. Panggul terasa tertekan
  3. Perut kram seperti saat menstruasi
  4. Terasa nyeri punggung bagian bawah

Saat anda mengakami tanda-tanda tersebut segera pergi ke bidan atau tenaga kesehatan terdekat untuk memeriksakan diri anda. Karena kelahiran prematur bukan kelahiran yang normal bidan pasti akan merujuk anda ke rumah sakit karena anda dan bayi anda beresiko.

Ubah pola kebiasaan buruk anda selama hamil, jangan mengerjakan pekerjaan yang terlalu berat dan mengakibatkan anda kelelahan. Selalu makan makanan yang bergizi, selama anda tidak memiliki alergi terhadap makanan tersebut, anda boleh memakannya.

Semua makanan baik untuk bayi dan diri anda selama hamil, untuk lebih jelasnya, selalu periksakan kehamilan anda secara rutin pada bidan di lingkungan anda. Jangan lupa selalu berdoa agar anda dan bayi anda diberikan kesehatan dan bisa lahir normal dan sesuai dengan waktu kelahirannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar