Minggu, 08 Januari 2017

Berbahayakah Jika Hamil saat Menderita Diabetes Mellitus?

Sebelumnya, kita harus tau dulu ya bunda apa itu diabetes, jadi diabetes/biasa dikenal dengan sebutan kencing manis ini adalah penyakit kelainan metabolisme dimana tubuh kita tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula (glukosa) yang ada di dalam darah.

Para penderita diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup sehingga terjadi kelebihan gula dalam tubuh.

Untuk mengetahui apakah kita terkena diabetes atau tidak, bisa dilihat dari gejal-gejala yang umumnya sering terjadi seperti sering kencing di malam hari, selalu merasa haus, selalu merasa lapar, selalu merasa lelah atau kekurangan energi, penglihatan menjadi kabur dan terjadi infeksi di kulit.

Nah, jika bunda merasakan gejala-gejala tersebut, segera periksakan diri bunda ke pelayanan kesehatan terdekat. Memang gejala-gejala tersebut belum tentu juga menandakan para bunda dan keluarga menderita diabetes, sehingga nanti akan dibuktikan dengan beberapa pemeriksaan pada air kencing bunda dan pemeriksaan lainnya.

Sekarang ini masyarakat kelas menengah ke atas sudah banyak sekali yang sadar akan kesehatan dan memeriksakan kesehatan secara rutin terutama di daerah perkotaan, namun masyarakat menengah ke bawah masih enggan melakukan pemeriksaan ke pelayanan kesehatan jika tidak sakit parah yang mengganggu pekerjaan aktivitas mereka.

Padahal mengetahui penyakit secara dini sangatlah penting, juga dapat membantu kita dalam meminimalisir biaya pengobatan sebelum penyakit menjadi parah dan susah untuk diobati.
Lanjut lagi untuk penjelasan diabetes ya.

Nah sekarang saya akan membahas pengaruh diabetes sendiri pada kehamilan para bunda. Jika bunda yang sedang hamil menderita diabetes, bunda akan memiliki banyak sekali resiko yang membahayakan kehamilan bunda.

Resiko yang disebabkan oleh diabetes ini kepada bunda yang sedang hamil seperti :
  1. Pre eklampsia
  2. Persalinan prematur
  3. Cairan ketuban berlebihan (hidramnion)
  4. Infeksi saluran kemih
  5. Infeksi vagina berupa keputihan karena jamur yang berulang.

Kemudian dapat juga beresiko terhadap janin yang sedang bunda kandung, seperti :
  1. Pertumbuhan janin dapat menurun/terhambat
  2. Janin dalam kandungan bunda akan menjadi leih besar daripada janin pada umumnya, sehingga saat melahirkan tidak bisa dilahirkan secara normal karena besarnya bayi
  3. Cacat bawaan juga kemungkinan tinggi bisa terjadi
  4. Kadar bilirubin dalam tubuh bayi meningkat
  5. Saat dilahirkan akan mengalami gangguan nafas
  6. Kelaianan pada jantung
  7. Gangguan psikologis saat bayi sudah besar nanti
  8. Sampai berakibat pada kematian janin setelah dilahirkan karena darahnya kekurangan oksigen dan meningkatnya asam laktat dalam tubuh si bayi.

Nah, sekarang bunda tahu kan bahwa diabetes ini sangatlah berbahaya untuk kehamilan. Untuk mencegah terjadinya diabetes ini segera konsulkan diri bunda kepada para bdan di lingkungan bunda untuk mendapatkan konseling-konseling tentang kesehatan selam hamil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar