Minggu, 01 Januari 2017

Cara Menyusui yang Baik dan Benar

Hai bunda, wah bunda yang baru saja melahirkan atau mungkin yang akan melahirkan khususnya anak pertama pasti merasa bingung bagaimana cara menyusui yang baik dan benar, terkadang cara menyusui bunda bisa benar namun kurang baik dan bisa juga belum benar apalagi baik.

Nah disini saya akan menjelaskan dan berbagi ilmu tentang bagaimana cara menyusui bayi yang baik dan benar, sebelum saya jelaskan perlu kita ketahui dulu apa itu cara menyusui yang baik dan benar.

Jadi cara menyusui yang baik dan benar itu adalah cara bunda memberikan ASI kepada si kecil dengan perlekatan yang benar serta tepat dalam posisi antara bunda dan si kecil ya.

Cara-cara menyusui yang baik dan benar pertama-tama dengan mengatur posisi si kecil terhadap payudara bunda. Keluarkan sedikit ASI dari puting susu, kemudian oleskan pada puting susu dan daerah gelap disekitar puting.

Ada 4 hak pokok tentang bagaimana memegang si kecil saat menyusui.
  1. Kepala dan badan si kecil berada pada garis lurus
  2. Muka si kecil harus menghadap ke arah payudara, sedangkan hidungnya kearah puting susu bunda.
  3. Bunda harus memegang si kecil berdekatan dengan bunda.
  4. Untuk bayi baru lahir, bunda harus menopang badan si kecil bagian belakang, di samping kepala dan bahu.

Kemudian setelah mengoleskan ASI pada puting, pegang payudara menggunakan ibu jari diatas, sedangkan jari yang lainnya menopang bagian bawah payudara, serta gunakanlah ibu jari untuk membentuk puting susu demikian rupa sehingga mudah memasukkannya ke mulut si kecil.

Bunda harus memberi rangsangan pada si kecil agar membuka mulut dengan cara menyentuh sisi mulut si kecil, tunggulah sampai bibir si kecil terbuka cukup lebar, kemudian jika sudah terbuka cukup lebar gerakkan si kecil segera ke payudara bunda dan bukan sebaliknya.

Arahkan bibir di kecil di bawah puting susu hingga dagu si kecil menyentuh payudara. Perhatikanlah si kecil selama menyusui jangan sampai anda asal menyusui karena perlekatan si kecil pada payudara bisa saja berubah.

Nah setelah selesai menyusui kurang lebih selama 10 menit, lepaskan hisapan si kecil dengan cara :
  1. Masukkan jari kelingking ibu yang bersih kesudut mulut si kecil
  2. Menekan dagu si kecil ke bawah
  3. Dengan menutup lubang hidung si bayi agar mulutnya membuka
  4. Ingat, bunda tidak boleh menarik puting susu untuk melepaskan hisapan si kecil

Setelah selesai menyusui jangan lupa sendawakan si kecil ya bunda. Untuk menyendawakan si kecil ada beberapa cara.

Cara 1
  1. Sandarkan si kecil di pundak bunda, tepuk punggungnya dengan pelan sampai si kecil bersendawa
  2. Si kecil ditelungkupkan di pangkuan bunda sambil digosok punggungnya
Cara 2
  1. Tegakkan kepala si kecil di pundak sampai posisi lambung si kecil akan tertekan oleh bahu dan pundak, tepuk punggung si kecil
  2. Dudukan si kecil di pangkuan bunda, letakkan salh satu telapak tangan bunda di perut si kecil dan telapak tangan lain di punggung si kecil, condongkan badan di kecil sampai sebagian berat badan si kecil tertumpu pada tangan yang menunjang perut si kecil dan dagu si kecil menempel pada tangan bunda
  3. Tepuk-tepuk punggung si kecil oleh tangan bunda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar