Selasa, 31 Januari 2017

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang tentu banyak sekali, mulai dari dalam tubuh bayi sendiri maupun dari lingkungan luar. Dalam mengawasi tumbuh kembang bayi, bukan hanya orang tua saja yang harus andil, namun juga peran bidan sangat dibutuhkan sebagai konselor dan pengamat serta pembimbing.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang antara lain :
  1. Faktor herediter
  2. Faktor lingkungan
  3. nutrisi
  4. Lingkungan dan budaya
  5. Status sosial dan ekonomi keluarga
  6. Iklim dan cuaca
  7. Olahraga atau latihan fisik
  8. Posisi anak dalam keluarga
  9. Status kesehatan
  10. Faktor hormonal
Nah, sekarang kita akan bahas satu persatu dimulai dari faktor herediter..!!

1.Faktor herediter
Merupakan faktor pertumbuhan yang dapat diturunkan yaitu suku, ras, dan jenis kelamin. Nah jenis kelamin ini tentu saja ditentukan sejak janin berada dalam kandungan. Anak laki-laki setelah lahir cenderung lebih besar dan lebih tinggi daripada anak perempuan.

Untuk ras dan suku sendiri misalnya, bangsa asia memiliki tubuh yang lebih pendek daripada bangsa eropa. Misalnya juga orang asia khas dengan warna kulit mereka yang sawo matang sedangkan bangsa eropa ada yang putih sampai hitam atau berwarna gelap.

2.Faktor lingkungan
Dari dalam tubuh ibu sendiri saat bayi masih berada dalam kandungan, banyak yang dapat mempengaruhi seperti asupan gizi, radiasi dan penyakit-penyakit yang diderita ibu seperti penyakit menular seksual dan toxoplasmosis.

3.Nutrisi
Nutrisi menjadi salah satu faktor yang berperan penting dalam proses tumbuh kembang anak, karena asupan gizi yang berlebihan akan berdampak buruk pada anak karena akan terjadi penumpukan kadar lemak yang berlebihan pada jaringan/sel dan bahkan pada pembuluh darah.

Jadi memberikan gizi yang baik untuk anak bukan hanya dari banyaknya makanan yang diberikan sehingga anak tidak mudah lapar, namun harus diketahui juga kebutuhan anak kita seberapa agar mudah menentukan seberapa banyak gizi yang mereka butuhkan.

Selain kelebihan gizi, tentu seorang anak tidak jarang yang mengalami kekurangam gizi. Dan hal ini disebabkan oleh banyak faktor juga seperti asupan nutrisi yang jarang, istirahat anak yang kurang, atau juga jika anak sakit atau kondisinya tidak fit dan juga jika anak stres.

4.Faktor LIngkungan Budaya
Budaya keluarga atau masyarakat akan mempengaruhi bagaimana mereka memahami kesehatan dan perilaku hidup sehat. Pola perilaku ibu saat hamil juga dipengaruhi oleh budaya setempat. Misalnya, larangan untuk makan makanan tertentu padahal gizi pada makanan tersebut sangat baik untuk pertumbuhan janin.

5.Faktor status sosial dan ekonomi Anak yang dibesarakan dikeluarga dengan ekonomi tinggi tentu gizinya akan jauh lebih terpenuhi daripada anak yang dibesarkan oleh kelurga yang ekonominya cenderung rendah atau kurang mampu.

6.Iklim atau cuaca
Iklim tertentu akan mempengaruhi status kesehatan anak, misalnya musim hujan akan menimbulkan banjir sehingga transportasi akan sulit dan makanan akan susah di dapatkan. Lalu timbullah penyakit menular dan penyakit kulit yang dapat menyerang bayi dan anak-anak.

7.Olahraga atau Latihan Fisik
Manfaat olahraga atau latihan fisik yang teratur akan meningkatkan sirkulasi darah, suplai oksigen seluruh tubuh juga meningkat, aktivitas fisik meningkat sehingga menstimulasi perkembangan otot dan jaringan sel.

8.Posisi Anak dalam Keluarga
Posisi anak yang saya maksudkan disini adalah apakah anak ibu atau bapak adalah anak tunggal, anak sulung, anak tengah atau juga anak bungsu. Karena hal tersebut tentu saja dapat mempengaruhi pola perkembangan anak, dalam hal asuhan dan didikan dalam keluarga.

9.Status Kesehatan
Apabila seorang anak dalam kondisi sedang sehat dan sejahtera, maka kecepatan pertumbuhannya dan perkembangannya tentu akan lebih mudah dibandingkan dengan anak yang sedang dalam kondisi tidak sehat atau sakit.

10.faktor hormonal
Dalam faktor hormonal ini, yang berperan ada 3 yaitu : somatotropin, tiroid, dan glukokortiroid. Hormon-hormon tersebut mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan, metabolisme tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar