Rabu, 18 Januari 2017

Kapan Saya Harus Mengimunisasi Anak Saya?

Imunisasi adalah suatu upaya yang dilakukan oleh tenaga kesehatan untuk memberikan kekebalan yang spesifik kepada bayi dan anak balita terhadap penyakit tertentu, dan bila sakit tidak akan menjadi lebih berat atau tidak menimbulkan kecacatan serta bila sakit tidak menyebabkan kematian.

Tujuan pemerintah dalam program imunisasi adalah :
  1. bayi usia 0-11 bulan sudah mendapat imunisasi BCG, DPT, Polio, Campak, dan hepatitis B
  2. Ibu hamil vaksinasi TT
  3. Wanita usia 15-35 tahun vaksinasi TT
  4. Murid SD kelas 1 vaksinasi DT
  5. Murid SD kelas 6 vaksinasi TT
Sasaran untuk imunisasi adalah bayi usia 0-11 bulan, pada usia <18 bulan sudah harus mendapatkan imunisasi lengkap (Hepatitis B, BCG, polio, DPT, dan campak). Agar anak bisa diimunisasi dengan lengkap dan tepat waktu, ibu juga harus mengetahui jadwal-jadwal untuk imunisasi. Jangan malas untuk membawa anak ke posyandu, dan jangan segan bertanya kepada bidan jika ada yang tidak dimengerti atau jika ibu khawatir kepada anak ibu.

Untuk imunisasi wajib, pemberian nya berbeda-beda, untuk mempermudah ibu memahami akan saya jelaskan seperti ini :
  • Saat anak baru lahir akan diberikan imunisasi hepatitis B,
  • Saat anak berusia 1 bulan diberikan BCG dan Polio 1,
  • Saat anak berusia 2 bulan diberikan DPT 1 dan polio 2,
  • Saat anak berusia 3 bulan diberikan DPT 2 dan Polio 3,
  • Saat anak berusia 4 bulan diberikan DPT 3 dan polio 4,
  • Saat anak berusia 9 bulan diberikan imunisasi Campak.

Jika usia anak belum masuk kriteria usia yang harus diimunisasi maka jangan diberikan, namun jika lebih beberapa hari atau minggu tetap boleh diberikan.

Kemudian untuk imunisasi yang wajib bagi ibu hamil adalah imunisasi TT, yaitu diberikan sebanyak 2 kali, pertama saat sebelum menikah 1x dan setelah hamil akan diberikan 1x lagi, jarak antara imunisasi 1 dengan imunisasi lainnya haruslah 4 minggu.

Naahh,,, lanjut lagi untuk imunisasi si kecil, pada saat anak kelas 1 SD jika sudah mendapat imunisasi DPT 3 kali, maka akan diberikan imunisasi DT 1X. Apabila belum pernah mendapatkan imunisasi DPT, atau pernah tetapi tidak lengkap, atau meragukan, akan diberikan DT 2x dengan jarak 4 minggu.

Dan khusus untuk anak perempuan kelas 6 SD, apabila pernah mendapatkan imunisasi DPT atau DT maka akan diberikan imunisasi TT 1x. Apabila belum pernah mendapat imunisasi DPT/DT, atau pernah tetapi tidak lengkap, atau meragukan maka akan diberikan TT 2x dengan jarak minimal 4 minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar