Rabu, 04 Januari 2017

Konsep Dasar Masa Nifas

Hari ini kita akan membahas konsep dasar tentang masa nifas, untuk teman-teman mahasiswa kebidanan atau juga para pembaca yang ingin mengetahui tentang apa itu masa nifas, semoga tulisan ini dapat membantu.

Ada banyak sekali para ahli yang menjelaskan tentang masa nifas, yang intinya hampir sama yaitu masa nifas adalah masa yang dumulai setelah plasenta/ari-ari lahir sampai kembalinya alat-alat kandungan seperti semua atau seperti sebelum hamil. Masa ini biasanya berlangsung kira-kira selama 6 minggu.

Dalam dunia medis, masa nifas ini biasa di sebut dengan masa puerperium yang berasal dari bahasa latin, “puer” berarti anak dan “parere” berarti membawa untuk seterusnya.

Selama masa nifas ini beberapa kejadian yang terjadi ialah berupa kembalinya alat-alat rahim (involusi), laktasi, dan pengeluaran darah nifas (lochea). Saat para ibu mengalami masa nifas, bidan akan melakukan asuhan masa nifas kepada ibu-ibu dengan tujuan menjaga kesehatan fisik dan psikologis ibu dan bayinya,

mendeteksi masalah yang mungkin saja terjadi selama masa nifas ini agar bisa segera dirujuk jika terjadi komplikasi yang membahayakan ibu dan/atau bayi,

memberikan pendidikan tentang bagaimana caranya merawat diri selama masa nifas, makanan apa saja yang baik dan sangat bermanfaat pada saat masa nifas, mendiskusikan dan membantu ibu memilih alat KB yang baik dan sesuai dengan ibu

Bidan juga akan mengajarkan cara-cara dan posisi-posisi menyusui yang benar apalagi pada ibu yang baru melahirkan anak pertama, juga bagaimana caranya merawat bayi agar bayi tetap sehat.

Saat masa nifas juga bidan akan selalu memberikan dukungan secara berkesinambungan sesuai dengan kebutuhan ibu-ibu, ini berguna untuk mengurangi ketegangan fisik dan psikologis ibu setelah melahirkan.

Bidan juga akan mengajarkan para ibu, suami serta keluarga untuk mengenali tanda-tanda bahaya serta pencegahannya, karena di indonesia angka kematian ibu saat masa nifas sangatlah tinggi karena kurangnya pengetahuan ibu dan keluarga akan bahaya-bahaya masa nifas.

Setelah melahirkan anda harus memeriksakan diri ke bidan minimal 4x, periksa pertama yaitu 6-8 jam setelah melahirkan, kedua yaitu 6 hari setelah melahirkan,ketiga 2 minggu setelah melahirkan, dan terakhir 6 minggu setelah melahirkan.

Saat anda berada pada masa nifas ini cobalah menjadi ibu/suami yang kritis yang selalu ingin tahu, konsultasikan budaya-budaya anda di masyarakat yang biasa dilakukan setelah melahirkan, karena bisa jadi ada budaya yang menghambat penyembuhan ibu serta merugikan ibu dan bayinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar