Minggu, 19 Februari 2017

Bayiku Kuning? Kenapa?

Banyak orang yang belum tau saat tubuh mereka menjadi kuning adalah merupakan tanda-tanda ikterus, apa itu ikterus pun mereka tidak tahu. Dan apa bahaya serta penyebabnya juga tidak tahu karena kurangnya pengetahuan. Tapi tenang saja, sekarang kita akan membahas apa itu ikterus.

Ikterus itu berarti menguningnya sclera/bagian putih mata, kulit dan jaringan lainnya akibat penimbunan bilirubin dalam tubuh. Kadar bilirubin yang meningkat dalam tubuh meninggi >10 mg yang ditandai dengan ikterus pada kulit tadi.

Ikterus pada neobatus sangat penting. Mengapa? Karena dapat menimbulkan kernikterus dan juga gejala dari penyakit yang mendasari. Perlu diketahui juga, kernikterus adalah ensefalopati akibat deposisi bilirubin indirek pada ganglia basal dan nukleus batang otak.

Ikterus ini 60% sering terjadi pada bayi yang cukup bulan (lahir dengan usia kehamilan 9 bulan) dan 80% pada bayi kurang bulan (lahir kurang dari 9 bulan). Bayi akan tampak kuning bila kadar bilirubin total meningkat >5 mg/dL.

Ikterus yang timbul tidak selamanya berbahaya, karena ikterus dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu ikterus patologik / ikterus yang tidak wajar (abnormal) dan juga ikterus fisiologik / yang memang atau umum terjadi.

Ikterus fisiologik dapat kita ketahui jika tanda-tandanya juga kita kenali, apa saja?
  1. Ikterus muncul setelah usia 24 jam
  2. Peningkatan bilirubin tidak lebih dari 6 mg/dL dalam 24 jam
  3. Mencapai kadar puncak pada hari ke-3 sampai hari ke-5 (bayi kurang bulan: kadar puncak pada hari ke-4 hingga hari ke-7) dan kadar maksimal tidak lebih dari 15 mg/dL
  4. Menghilang pada hari ke-7, sedangkan pada bayi yang kurang bulan akan menghilang pada hari ke-14.

Untuk penyebab dari ikterus fisiologik ini ada dua. Karena produksi bilirubin meningkat dan karena ekskresi bilirubin menurun. Mengapa produksi bilirubin dapat meningkat? Karena :
  1. Konsentrasi Hb tinggi saat lahir dan menurun cepat selama beberapa hari pertama kehidupan
  2. Umur sel darah merah pada bayi baru lahir lebih pendek

Dan kenapa ekskresi bilirubin bisa menurun? Hal ini karena:
  1. Ambilan pada sel hati menurun
  2. Konjugasi di hati menurun karena imaturitas enzim-enzim hati
  3. Sirkulasi enterohepatik meningkat

Sedangkan untuk ikterus patologik, tanda-tandanya dapat kita kenali jika,
  1. Ikterus muncul pada 24 jam pertama
  2. Peningkatan bilirubin ?5 mg/dL per 24 jam
  3. Ikterus menetap setelah hari ke-7 (aterm) atau setelah hari ke-14 (prematur)
  4. Kadar bilirubin total > 15 mg/dL

Ikterus ini bisa ditangani oleh tenaga medis, sehingga anda harus memeriksakan bayi anda ke rumah sakit. Tidak perlu terlalu khawatir sehingga anda menjadi tidak bisa berfikir jernih. Dengarkan nasihan bidan saat anda melakukan konseling sehingga hal-hal ini dapat dicegah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar